MotoGP Inggris : Kemenangan Kedua Repsol Honda

26 July 2009 ·

Hanya satu minggu berselang dari seri ke 9 motoGP ( MotoGP Jerman ), motoGP seri ke 10 kembali di helat. Pada seri kali ini giliran Inggris menjadi tuan rumah. Tepatnya di sirkuit Donington Park, hajatan motoGP seri ke 10 ini kembali dijadikan ajang pembuktian sekitar 20 kontestan kelas motoGP yang beberapa seri terakhir mempertontonkan persaingan apik antara beberapa pembalap terutama antara dua jagoan FIAT Yamaha. Adalah Valentino Rossi dan juniornya dalam tim FIAT Yamaha, Jorge Lorenzo yang saling berebut posisi demi meraih podium teratas.

Posisi start terdepan di huni oleh Valentino Rossi, Daniel Pedrosa dan Jorge Lorenzo. sementara Casey Stoner menempati posisi 4. Rossi menyabet pole position sesaat sebelum sesi kualifikasi motoGP Inggris habis.

Selepas start, Tony Ellias menyodok ke depan diikuti Lorenzo, Rossi, Pedrosa dan Dovizioso. Toni Ellias terlihat begitu kencang di awal2 balapan. Sementara itu juara dunia tahun 2007, Stoner terlihat agak kepayahan dalam balapan yang ternyata salah memilih ban basah. Sampai lam ke 5, Stoner hanya menduduki posisi 16. 8 Lap berlalu posisi sedikit berubah, yaitu Lorenzo, Rossi, Dovizioso, Pedrosa dan Elias di barisan pertama. Ellias benar2 menikmati balapan di barisan depan, Sampai akhirnya dia harus mengakhiri lomba karena terjatuh. Tidak lama berselang, Loernzo yang saat itu memimpin balapan juga harus mencium aspal sirkuit Donington Park karena terlambat menikung dan akirnya terhatuh. Sempat mencoba kembali, tapi kondisi motor Lorenzo sudah memungkinkan untuk meneruskan balapan.

Rossi yang berada di posisi 2, otomatis memimpin balapan setelah Lorenzo terjatuh diikuti Dovizioso yang menguntit ketat sang juara bertahan Valentino Rossi. Mereka berhasil membuat jarak dengan Pedrosa. Pada lap ke 14, kejutan terjadi .... dua jagoan Ducati Marlboro team, Casey Stoner dan Nicky Hayden di overlap oleh pembalap di barisan pertama, Rossi dan Dovizioso...wow...jika bukan karena kesalahan teknis, mengoverlap Stoner itu hal yang hampir tidak mungkin.

Sampai lap 19, Dovizioso masih menguntit ketat Valentino Rossi. Prebutan posisi 7 pun tak kalah ketat. Lap 14 terjadi hal yang jarang terjadi selama motoGP seri 2009. Sang juara dunia bertahan Valentino Rossi terjatuh...pasti semua penonton motoGP heran kala itu...hehe...(bahasanya....). Bedanya dengan Lorenzo, setelah terjatuh Valentino Rossi masih bisa meneruskan balapan, walaupun sempat tercecer di posisi 11.

Pembalap yang diuntungkan dengan jatuhya Rossi adalah Andrea Dovizioso. Setelah lama menguntit Rossi, akhirnya berhasil memimpin lomba. Posisi 2 pun menjadi lebih menegangkan antara Colin Edward dan Randy de Puniet, karena posisi yang diperebutkan adalah posisi 2. Entah Dovizioso yang melambat atau Edward dan de Puniet yang lebih kencang, jarak antara mereka sempat sampai dibawah 1 detik, walaupun akhirnya menjauh kembali di akhir2 lap. Sampai Lap akhir, keperkasaan seorang Valentino Rossi kembali di pertontonkan. Setelah meng-overtake beberapa pembalap di depannya, pada lap terakhir Rossi sudah berada pada posisi 6. Pada lap akhir itu juga aksi late brake Rossi memukau penonton dengan meng-over take James Toesland di tikungan "S" menjelang garis finish.

Kekonsistenan Dovizioso berbuah manis pada Race kali ini. Setelah 30 Lap, dia berhasil memenangi Race motoGP Inggris disusul Colin Edward dan Randy de Puniet. Sementara Rossi yang sempat terjatuh, berhasil finish di posisi 5 (fantastis).


Hasil MotoGP Inggris:

Posisi-Pembalap-Tim-Waktu
1. Andrea Dovizioso Honda 48m26.267s
2. Colin Edwards Tech 3 Yamaha + 1.360s
3. Randy de Puniet LCR Honda + 1.600s
4. Alex de Angelis Gresini Honda + 8.958s
5. Valentino Rossi Yamaha + 21.622s
6. James Toseland Tech 3 Yamaha + 22.465s
7. Marco Melandri Hayate Kawasaki + 35.284s
8. Niccolo Canepa Pramac Ducati + 38.769s
9. Dani Pedrosa Honda + 42.112s
10. Mika Kallio Pramac Ducati + 45.845s
11. Loris Capirossi Suzuki + 53.190s
12. Gabor Talmacsi Scot Honda +1m12.315s
13. Chris Vermeulen Suzuki + 1 lap
14. Casey Stoner Ducati + 1 lap
15. Nicky Hayden Ducati + 1 lap

Retirements:

Jorge Lorenzo Yamaha 8 laps
Toni Elias Gresini Honda 7 laps
(Sumber hasil lomba : www.detik.com)

3 comments:

ahmad said...
Thursday, July 30, 2009  

kisah tentang pedrosanya mana mas? perlu dipertanyakan motor dan bannya tuh....kenapa mundur jauh ya...

abhoel said...
Friday, July 31, 2009  

analisa saya, Pedrosa salah memilih ban. Disaat yang laen pake ban (F)Soft - (R)Soft, Pedrosa malah menggunakan (F)Medium - (R)Soft. yang faktanya gerimis terus mengguyur trek sepanjang lomba ...

andi said...
Friday, January 28, 2011  

yah semua pembalap punya strategi..tinggal lihat siapa yg paling pertama finish dia yg terbaik...

Post a Comment

RVR Biker Shoes

Waktu saat ini

Chat & Leave comment


ShoutMix chat widget

Sahabat Pena

Site Sponsors