MotoGP Amerika Serikat : Kembalinya Pedrosa

06 July 2009 ·

Perhelatan motoGP seri ke 8 musim 2009 sudah berlangsung pada pukul 03:40 wib dini hari tadi. Tidak disangka & tidak diduga (ce ilah bahasanya....) seri Laguna Seca kemarin berhasil menampilkan satu lagi pembalap penghuni podium pertama di seri 2009 selain Valentino Rossi, Jorge Lorenzo & Casey Stoner. Dia adalah Daniel Pedrosa.( di cetak tebal bukannya memihak ya, tp karena topik aja...hehe.... ). Akhirnya setelah hampir setahun, Pedrosa berhasil menduduki podium pertama lagi.

Pada race kemarin pedrosa hanya menempati posisi keempat ( 2'nd row ), dimana pada posisi 1'st row ada Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Casey Stoner. Selepas lampu hijau di garis start menyala, Pedrosa melakukan start dengan cukup baik berbanding terbalik dengan Lorenzo yang start dengan kurang maksimal. Alhasil Pedrosa berhasil memimpin balapan selepas tikungan pertama Laguna Seca diikuti Stoner dan Rossi.

Sampai 3 lap awal Pedrosa masih mendominasi balapan diikuti Stoner, Rossi, Dovizioso dan Lorenzo. Terlepas dari persaingan di baris depan, pembalap debutan dari tim Jir Scott Honda, Gabor Talmacsi harus meninggalkan balapan karena terjatuh. Tidak lama berselang diikuti pembalap kawakan dari tim Rizla Suzuki Loris Capirossi juga harus mencicipi gravel sirkui Laguna Seca. Pada lap ke 6, Andrea Dovizioso mengulang drama Talmacsi dan Capirossi . Pembalap Repsol Honda itu kehilangan kendali di tikungan kiri sehingga harus gagal finish untuk kedua kali setelah motoGP Belanda kemarin juga gagal menyelesaikan lomba, diikuti pembalap veteran Sete Gibernau yang juga untuk ke beberapa kali harus meninggalkan balapan sebelum finish. Urutan pembalap setelah lap ke 6 adalah Pedrosa, Stoner, Rossi & Lorenzo.

Setelah membuntuti Stoner dengan ketat, akhirnya pada lap ke 12 Rossi berhasil mengambil alih posisi 2 dari Stoner. Ketika berhasil meng-overtake (menyalip) Stoner, Rossi harus bejuang keras untuk mengejar Pedrosa yang berada 2,8 detik di depan dan menghadapi tekanan dari Stoner dan Lorenzo di belakangnya. Satu lap berselang, Lorenzo berhasil meng-overtake stoner dan menempati posisi 3 di belakang Rossi. Posisi ini berlangsung cukup lama. Mereka (Rossi & Lorenzo) berhasil memangkas jarak waktu dengan Pedrosa di posisi 1 dan melebarkan jarak dengan Stoner di posisi 4.

4 lap menjelang balapan usai, Lorenzo bermanuver untuk meng-overtake Rossi. Akan tetapi teknik "Late Brake" Lorenzo menuai kegagalan, karena motor susah di kendalikan dan akhirnya melebar dari trak. Momen tersebut dimanfaatkan Rossi untuk mengambil alih posisinya kembali. Dengan kepiawaian Rossi membesut motornya, jarak antara dirinya dan Pedrosa semakin dekat. Pedrosa yang merasa posisi nya mulai terancam oleh Rossi, berusaha terus memacu motornya lebih kencang. Drama seperti ini mengingatkan saya ketika Rossi bersaing ketat dengan Lorenzo di motoGP Catalunya beberapa minggu lalu. Rossi berhasil mencuri posisi 1 dari Lorenzo di tikungan terakhir sirkuit catalunya dengan manuver yang sangat apik dan dengan memanfaatkan racing line yang sangat di luar dugaan.

Hal serupa juga bisa dilihat di akhir balapan kemarin. Rossi berusaha mengambil alih posisi 1 dari Pedrosa di tikungan terakhir. Tapi kali ini Rossi gagal merebut posisi 1 dan mempersilahkan Pedrosa finish di urutan pertama dan menempati podium pertamanya di musim 2009. Entah karena Rossi tidak terlalu ngotot atau memang belum bisa memanfaatkan kesempatan di tikungan terakhir kemarin, yang jelas Daniel Pedrosa berhasil menduduki podium pertama di motoGP Amerika Serikat dan menunjukan bahwa Pedrosa masih mampu bersaing dengan pembalap papan atas lainnya. PEDROSA is back?? Kita tunggu di gelaran motoGP selanjutnya tepatnya seri ke 9 yang akan di helat di sirkuit Sachsenring, Jerman 2 minggu dari sekarang.

Hasil Balapan MotoGP AS:

Posisi-Pembalap-Tim-Waktu
1. Dani Pedrosa Honda 44m01.580s
2. Valentino Rossi Yamaha + 0.344s
3. Jorge Lorenzo Yamaha + 1.926s
4. Casey Stoner Ducati + 12.432s
5. Nicky Hayden Ducati + 21.663s
6. Toni Elias Gresini Honda + 22.041s
7. Colin Edwards Tech 3 Yamaha + 30.201s
8. Chris Vermeulen Suzuki + 32.857s
9. Randy de Puniet LCR Honda + 40.325s
10. Marco Melandri Hayate Kawasaki + 48.028s
11. Alex de Angelis Gresini Honda + 48.810s
12. Niccolo Canepa Pramac Ducati +1m18.531s

Retirements:
Andrea Dovizioso Honda 6 laps
Sete Gibernau Hernando Ducati 6 laps
Loris Capirossi Suzuki 3 laps
Gabor Talmacsi Scot Honda 3 laps
James Toseland Tech 3 Yamaha DSQ
(sumber Hasil Lomba : detik.com)

0 comments:

Post a Comment

RVR Biker Shoes

Waktu saat ini

Chat & Leave comment


ShoutMix chat widget

Sahabat Pena

Site Sponsors