MotoGP German : Rossi VS Lorenzo part 2

22 July 2009 ·

Perhelatan motoGP sachsenring, Jerman baru saja berlalu. Pada race kali ini kembali terjadi adegan saling susul yang sangat menegangkan. Adegan tersebut di pertontonkan oleh dua jagoan FIAT Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo (mengingatkan saya akan motoGP Catalunya, Spanyol pertengahan Juni lalu). Persaingan dua jagoan FIAT Yamaha ini berlangsung hingga lap akhir balapan. Sungguh balapan yang menegangkan sekaligus menyenangkan untuk disaksikan.

Posisi front row diduduki oleh Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Casey Stoner. Kemajuan bagus di tunjukan oleh rekan satu tim casey Stoner, Nicky Hayden yang berhasil meraih posisi start ke 4 setelah beberapa seri tercecer di urutan belakang. Sementara Daniel Pedrosa tercecer di posisi ke 8 urutan start.

Selepas start, Rossi berhasil start dengan bagus diikuti Daniel Pedrosa yang juga melakukan start dengan sangat baik dengan menyodok ke posisi dua selepas tikungan pertama diikuti Stoner, Lorenzo dan Dovizioso. Rossi terus mencoba memperlebar jarak dengan pembalap dibelakangnya, tapi Pedrosa dan Stoner tidak membiarkan Rossi lepas dari pandangan mereka. Pada lap ke 4 Stoner berhasil merebut posisi 2 dari Pedrosa. Di tengah cedera yang menghinggapi, Stoner semakin mempercepat laju motornya sehingga mampu memperkecil jarak dengan Rossi. Sementara Pedrosa harus berjuang mempertahankan posisi ketiga dari tangan Lorenzo.

Setelah beberapa lap menguntit Rossi, Akhirnya pada lap ke 7 Stoner berhasil mengambil alih pimpinan lomba dari tangan Rossi. 2 lap berselang, Lorenzo berhasil meng-overtake Pedrosa dan mengambil alih posisi tiga sambil terus memacu motornya untuk mendekati Stoner dan Rossi. Pedrosa yang juga mempunyai asa untuk mengulang sukses di laguna seca, terus menempel Lorenzo untuk merebut kembali posisi tiga.

Terlepas dari barisan pertama, rombongan pembalap di barisan kedua juga saling berebut posisi terbaik. Tercatat Alex de Angelis, Andrea Dovizioso, Marco Melandri dan Toni Elias yang berjuang keras memperebutkan posisi terbaik.

Pada lap 16, Rossi berhasil merebut kembali pimpinan lomba. Parahnya beberapa lap, Lorenzo berhasil merebut lagi posisi 2 dari Stoner sehingga Stoner tercecer di posisi 3. Ketika balapan menyisakan 5 putaran, Lorenzo berhasil menduduki posisi pertama dan disaat bersamaan Pedrosa berhasil merebut posisi 3 dati Stoner. Dengan sisa tenaga, Pedrosa berusaha mempercepat laju motornya hingga sempat menorehkan fastest lap walaupun akhirnya Rossi menorehkan rekor fastest lap baru. Stoner yang masih cedera dan terkena kendala teknis perlahan - lahan menjauh dari rombongan pembalap terdepan.

2 lap menjelang akhir lomba, dengan manufer yang menawan Rossi meng-overtake Lorenzo dan memimpin lomba. Ketika memasuki lap terakhir terlihat 2 jagoan FIAT Yamaha tersebut saling ngotot menduduki posisi 1. Tikungan pertama pun dijadikan arena untuk berebut posisi, sampai akhirnya aksi late brake di pertontonkan dengan menawan. Sampai akhirnya dengan skill yang teruji, Rossi berhasil mempertahankan posisi satu dan Lorenzo nampak melebar dari track. Posisi itu berhasil di pertahankan Rossi hingga akhir lomba dan memenangkan Race kali itu.

Dengan hasil seperti ini, nampaknya seri motoGP Inggris yang hanya di beri jeda 1 minggu menjanjikan persaingan seru lagi. Terutama persaingan sengit antara 2 jagoan FIAT Yamaha serta Stoner dan Pedrosa yang juga masih menyimpan ambisi untuk menjadi juara dalam Race motoGP berikutnya. Sampai bertemu lagi setelah race motoGP Inggris minggu depan.

Hasil MotoGP Jerman

Pos Rider Bike Time/Gap
1. Valentino Rossi Yamaha 41m21.769s
2. Jorge Lorenzo Yamaha + 0.099s
3. Dani Pedrosa Honda + 2.899s
4. Casey Stoner Ducati + 10.226s
5. Alex de Angelis Gresini Honda + 21.522s
6. Toni Elias Gresini Honda + 30.852s
7. Marco Melandri Hayate Kawasaki + 31.301s
8. Nicky Hayden Ducati + 31.726s
9. Colin Edwards Tech 3 Yamaha + 32.865s
10. James Toseland Tech 3 Yamaha + 43.926s
11. Loris Capirossi Suzuki + 57.375s
12. Niccolo Canepa Pramac Ducati +1m00.539s
13. Chris Vermeulen Suzuki +1m03.645s
14. Mika Kallio Pramac Ducati +1m04.155s
15. Gabor Talmacsi Scot Honda + 1 lap
(Sumber hasil lomba : www.detik.com)

0 comments:

Post a Comment

RVR Biker Shoes

Waktu saat ini

Chat & Leave comment


ShoutMix chat widget

Sahabat Pena

Site Sponsors