Printer Epson Stylush C4x series error "........ are out of their service life"

19 October 2009 ·

Beberapa waktu lalu, printer saya mengalami masalah, kira2 seperti ini bunyinya "part inside your printer are out of their service life". Lampu merah menyala kedip - kedip & tidak bisa di pakai ngeprint. lalu saya tanya mbah google, ternyata sebagian printer epson & canon memiliki counter masa pakai + tampungan pembuangan tinta. Kalau di canon bunyi peringatannya seperti ini "Waste ink full". Tentu saja cara mengatasinya adalah membersihkan / menguras tempat pembuangan tinta + mereset counter tersebut. Caranya akan kita bahas sekarang (yang penulis praktekan adalah printer Epson C43SX.

1. Pertama kita harus membuka body printer dengan cara menekan kunci pengait di bagian belakang sebanyak 3 pengait. Kunci hanya berupa pengait seperti casing HP. Setelah membuka pengait, congkel belahan antara body atas & bawah printer (hati - hati, jangan terlalu kasar) dibagian kiri kanan dan depan.

Lihatlah bagian kiri bawah yang terdapat selang kecil. Selang kecil itu mengarah ke tampungan pembuangan tinta.

2. Setelah body / casing dilepas, buka dudukan tempat kertas (tempat kita menaruh kertas kalau ingin ngeprint) dibagian belakang dengan membuka 3 buah baut (pokoknya kelihatan jelas yang menutupi busa tampungan tinta). Gunakanlah obeng bermagnet agar lebih mudah, karena letak baut agak jauh & terhalang rangka casing.

3. Setelah dudukan kertas terlepas, keluarkan semua busa yang memenuhi tampungan (pasti berwarna hitam pekat karena menyerap tinta buangan dari printer). Bersihkan hingga berwarna putih bersih lalu keringkan hingga benar - benar kering.

4. Setelah kering, pasanglah kembali apa yang telah kita lepas(hehe....maksudnya pasang kembali busa penyerap tinta, dudukan kertas & body printer!!!).

5. Setelah semua terpasang, printer tidak langsung bisa digunakan. Yang perlu kita lakukan adalah mereset counter / ROM printer tersebut. Software yang digunakan adakah sscserve. Untuk mendownload aplikasi tersebut, silahkan klik DISINI.

6. Setelah selesai di download & di install, jalankan aplikasi tersebut lalu close. Setelah di close, perhatikan icon di sebelah kanan bawah taskbar. Ada icon sscserve. Klik kanan icon tersebut, lalu pilih menu "protection counter" lalu lakukanlah reset untuk "reset protection counter" dan "clear counter overflow". Setelah itu restartlah printer (Jangan lupa menyalakan printer saat mereset). Mudah bukan???


Selamat mencoba & semoga berhasil tanpa harus membawa ke tempat services...hemat cost minimal 50rb....hehe

0 comments:

Post a Comment

RVR Biker Shoes

Waktu saat ini

Chat & Leave comment


ShoutMix chat widget

Sahabat Pena

Site Sponsors